Wabup Turun Tangan Selesaikan Permasalahan Desa Hijrah

JAILOLO, lenteraonline.com – Permasalahan yang terjadi di Desa Hijrah Kecamatan Jailolo Selatan (Jalsel), membuat Wakil Bupati Halmahera Barat (Halbar) Ahmad Zakir Mando harus turun tangan untuk menyelesaikan permasalah tersebut.

Upaya penyelesaian, yang diambil Wabup dengan cara mendatangi langsung ke Desa Hijrah dan bertatap muka bersama masyarakat, pada Kamis 12 Oktober 2017 tadi.

Menurutnya, adanya kisruh di desa terlebih antara masyarakat dan kepala desa, hanya akan mengganggu pelaksanaan program pemerintah desa dalam membangun desa. 

“Kalau masalah yang terjadi seperti dugaan ketidakterbukaan pengelolaan anggaran desa dapat dibicarakan bersama secara baik,” ungkapnya.

Lanjutnya, semenjak dilantik sampai kini sudah sekian desa yang mempunyai masalah, dan penyelesaian dilakukan seperti ini untuk membuktikan ke masyarakat terkait kepedulian pemerintah.

“Saya akan menjawab semua masalah Desa Hijrah, jadi kembalikan saja permasalahan ini ke Pemda dan biarkan Pemda yang mengurus dan memutuskan,” terang orang nomor dua Halbar itu.

Dia juga berharap, mulai sekarang sampai ke depan tak ada masalah seperti ini, dan Kades ditegaskan berbenah diri agar tidak ada laporan masalah desa.

Sebab langkah yang kami (Pemkab) ambil ini untuk menyelamatkan DD Rp 754.016 yang hingga kini belum juga dicairkan lantaran adanya kisruh.

Dan selaku Wabup dalam permasalahan ini tidak akan memihak kepada siapa-siapa tetapi hanya berpihak pada aturan. Untuk itu apa yang dituntut (pencopotan Kades) akan dikaji.

“Jika hari ini masyarakat tidak suka Kades itu hal biasa. Tapi kalau untuk menurunkan kades ada mekanisme,” sebut Zakir.

Perlu diketahui dalam upaya penyelesaian sengketa di Desa Hijrah, Wabup didampingi Camat Jailolo Selatan Demianus Sidette, Sekertaris DPMPD Halbar Fakar Lilah dan Kades Hijrah.

Rep/Red : Chull

  • facebook
  • googleplus
  • twitter
  • linkedin
  • linkedin
  • linkedin
Left Menu Icon