Proses Penjajakan, Danny Tolak Pemberian 120 Ribu Hektare Bibit Jagung

JAILOLO, lenteraonline.com – Bupati Halmahera Barat (Halbar) Danny Missy, mengakui program tanam jagung yang dicanangkan Pemkab Halbar seluas 20.000 hektare itu, masih dalam tahap Penjajakan.

Jadi pemberian penambahan bibit jagung seluas 120.000 hektare yang ditawarkan dari Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) ditolak.

“Saya bilang sabar dulu karena kita masih menjajaki, dan pola pikir masyarakat kita masih menyesuaikan dari petani tradisional khususnya kelapa dan pala, bagaimana kita integrasikan petani jagung,” ungkap Danny saat sambutan pada acara panen jagung bersama Kelompok tani Pele – Pele di desa Cempaka Kecamatan Sahu Timur, Kamis 12 Oktober 2017 tadi.

Mudah – mudahan dengan adanya panen hari ini masyarakat kita (Halbar) bisa terbuka wawasannya, bahwa ternyata sambil menunggu kelapa bisa tong (kami) panen jagung, jadi
jagung kita tanam di sela-sela Kelapa jadi subur.

“Sehingga habis panen jagung tak lama lagi kita panen kelapa, habis panen kelapa bisa tanam jagung lagi, kalau seperti itu, uang bisa berputar terus dan Pendapat Masyarakat bisa meningkat,” sebut orang nomor satu Halbar.

Danny juga berharap yang dilakukan oleh Desa Cempaka ini bisa diikuti oleh desa-desa yang lain. Lanjutnya bila disetiap desa memiliki lahan jagung hektare seluas 10 hektare saja bisa menggakat tingkat perekonomian di desa tersebut.

Tambahnya, yang lebih saklar, Dirjen Tanaman Pangan menyampaikan kepadanya agar program ini tidak lagi di sosialisasikan, tetapi dipaksakan untuk tanam.

“Karena di NTT, kami buat seperti itu, lewat Pangdam, Danrem, Dandim ini digerakkan dan dipaksa,”kata Danny mengutip penyampaiannya Dirjen Tanaman Pangan.

Ternyata satu dua tahun kemudian dirasakan oleh masyarakat dan sekarang NTT ekpor jagung terbesar di Indonesia dan tingkat pendapatan rata-rata masyarakat melibihi tingkat rata – rata Nasional,” tutupnya.

Rep/Red : Chull

  • facebook
  • googleplus
  • twitter
  • linkedin
  • linkedin
  • linkedin
Left Menu Icon